Anak Muda Mesti Melek Investasi, Mahasiswi KKN UNDIP Berikan Edukasi Mengenai Investasi Bagi Generasi Muda

Anak Muda Mesti Melek Investasi, Mahasiswi KKN UNDIP Berikan Edukasi Mengenai Investasi Bagi Generasi Muda

 


wirausahanesia.com - Kelurahan Kaliancar, Kecamatan Selogiri, Kabupaten Wonogiri (22/07/2024). Harga barang terus meningkat, yang merupakan salah satu tanda inflasi. Keinginan yang tidak terbatas dan gaya hidup mewah seringkali bertentangan dengan kebutuhan yang sering dikesampingkan. Oleh karena itu, penting untuk memulai investasi sejak dini sebagai langkah untuk mengelola keuangan dan mempersiapkan masa depan.
 
Sosialisasi ini mengangkat tema “Smart Money” yang membahas cara mengelola keuangan secara cerdas untuk masa depan generasi muda. Pelajar kelas 8 dan 9 di SMP N 1 Selogiri, Kelurahan Kaliancar, menunjukkan antusiasme terhadap materi yang disampaikan. Pada sesi pertama, Anggita Putri Maharani, mahasiswi KKN Tim II UNDIP, menjelaskan tentang investasi. Ternyata, masih sedikit pelajar yang memahami konsep ini. Sebagian dari mereka menganggap investasi sama dengan menabung. Padahal, investasi bisa memberikan keuntungan lebih besar di masa depan, sedangkan menabung hanya menghasilkan jumlah uang yang sama dengan yang ditabung.
 

Pada sesi kedua, materi interaktif disampaikan mengenai cara-cara berinvestasi dan jenis-jenis investasi yang cocok untuk pelajar, seperti emas dan tabungan pelajar seperti BNI Taplus dan Tabungan Simpanan Pelajar BCA. Pelajar diberi contoh konkret tentang bagaimana mereka dapat memulai investasi dengan jumlah kecil dan memanfaatkan program-program khusus untuk usia mereka. 

Program ini diharapkan dapat membuat pelajar SMP lebih memahami urgensi investasi dalam perencanaan kebutuhan masa depan dan membiasakan diri untuk menabung, sehingga tidak hanya mengandalkan uang saku orang tua. 


Penulis: 
Anggita Putri Maharani 
Jurusan Akuntansi
Fakultas Ekonomika dan Bisnis
Universitas Diponegoro

Dosen Pembimbing Lapangan: 
Rully Rahadian., M.Si., PhD

Editor:
Achmad Munandar