Mahasiswa KKN Tim 1 Undip Melatih Para Remaja di Desa Ngaditirto untuk Menjadi Kader Kesehatan Dalam Rangka Merutinkan Kegiatan Posyandu Remaja

Mahasiswa KKN Tim 1 Undip Melatih Para Remaja di Desa Ngaditirto untuk Menjadi Kader Kesehatan Dalam Rangka Merutinkan Kegiatan Posyandu Remaja

 


wirausahansesia.com - Desa Ngaditirto, Kecamatan Selopampang, Kabupaten Temanggung (28/01/2024) – Di era sekarang, pelaksanaan posyandu tidak lagi hanya terbatas pada balita dan lansia. Beberapa tahun terakhir ini, pelaksanaan posyandu pada remaja mulai menjadi sorotan. Hal ini didukung dengan Kementerian Kesehatan Republik Indonesia yang membuat buku Petunjuk Teknis Penyelenggaraan Posyandu Remaja pada tahun 2018.

Posyandu remaja merupakan salah satu program pembangunan kesehatan yang dilaksanakan dari, oleh, untuk, dan bersama masyarakat, khusunya remaja. Program ini bertujuan untuk meningkatkan cakupan layanan kesehatan bagi remaja dengan cara mendekatkan akses terhadap pelayanan. Penduduk Indonesia yang berusia 10-18 tahun, baik laki-laki maupun perempuan, sudah atau belum menikah, dan remaja dengan disabilitas dapat mengunjungi posyandu remaja untuk mendapatkan pelayanan kesehatan.

Usia remaja merupakan usia yang tepat bagi seseorang untuk banyak belajar hal-hal baru. Selain itu, usia remaja juga merupakan masa yang tepat bagi seseorang untuk mulai memperhatikan kesehatan mereka. Pada masa remaja, beberapa orang dapat mengalami perubahan-perubahan yang kemungkinan menyebabkan kebingungan bahkan stress yang kemudian akan berdampak pada kesehatan fisik dan mental. 

Oleh karena itu mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) dari Universitas Diponegoro (Undip) melaksanakan kegiatan berupa pelatihan para remaja untuk menjadi kader kesehatan dalam rangka merutinkan kegiatan posyandu remaja di Desa Ngaditirto dengan harapan apabila kegiatan ini berlanjut secara rutin, maka para remaja di Desa Ngaditirto sudah memiliki kesadaran dalam mengupayakan kesehatan mereka sendiri. Dalam hal ini, para kader kesehatan senior juga diharapkan dapat mendampingi para remaja.



Penulis: 
Faiza Fadhila. E. Pribadi
(Kesehatan Masyarakat – Fakultas Kesehatan Masyarakat)

Dosen Pembimbing: 
Dr. Ir. Baginda Iskandar Moeda T., M.Si., IPM., ASEAN Eng.

Editor:
Achmad Munandar