UMKM Hebat! Menuju ke era digital, Mahasiswa Undip Memperkenalkan Pembukuan Keuangan Menggunakan Aplikasi Buku Warung bagi UMKM di Desa Kluwih

UMKM Hebat! Menuju ke era digital, Mahasiswa Undip Memperkenalkan Pembukuan Keuangan Menggunakan Aplikasi Buku Warung bagi UMKM di Desa Kluwih




wirausahanesia.com - Desa Kluwih merupakan desa yang memiliki wilayah terluas di Kecamatan Bandar. Di desa ini banyak masyarakat menjadi pelaku usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) seperti toko kelontong, kedai seblak, warung makan, toko baju, dan lain-lain. Banyaknya pemilik usaha yang ada di Desa Kluwih tidak memungkiri bahwa mereka masih mengabaikan pencatatan keuangan dan pembukuan usaha. 

Hal tersebut dikarenakan pemilik usaha belum memiliki kemampuan dalam melakukan pencatatan yang baik dan benar, serta menganggap bahwa pencatatan keuangan dan pembukuan adalah hal yang rumit dan merepotkan, padahal pembukuan sangat penting dilakukan bagi suatu usaha untuk mengetahui kondisi keuangan usaha. Selain itu, pemilik usaha sering mencampur adukkan antara keuangan rumah tangga dan keuangan usaha yang bisa mengakibatkan kerugian akibat tidak adanya pengelolaan keuangan yang memadai.

Oleh karena itu, Adelia Marshanda, Mahasiswa Tim II KKN Undip 2022/2023 dari program studi Manajemen menyelenggarakan kegiatan program "Digitalisasi Pencatatan Keuangan Bisnis Menggunakan Aplikasi Buku Warung”. Kegiatan tersebut berlangsung pada Kamis, 27 Juli 2023 dengan mengunjungi berbagai UMKM yang ada di Desa Kluwih.


Program kerja ini dilaksanakan secara door to door ke 3 UMKM di Desa Kluwih seperti Warung Prapatan, Kedai Seblak, dan Aneka Bakaran dengan memberikan edukasi seputar pembukuan keuangan secara sederhana dan juga memberikan tata cara penggunaan aplikasi Buku Warung dengan berbagai fitur yang tersedia. 

Selain itu juga ada pembagian leaflet yang bertujuan sebagai bahan referensi mengenai penggunaan aplikasi. Respon yang diberikan oleh beberapa pelaku UMKM sangat positif, karena mereka merasa mendapatkan pengetahuan baru yang bisa membantu mengelola keuangan usahanya.

Dengan digitalisasi pembukuan menggunakan aplikasi Buku Warung, UMKM telah membuka jalan menuju masa depan yang lebih terstruktur dan efisien. Transformasi ini memberikan dampak positif tidak hanya pada pengelolaan bisnis mereka sendiri, tetapi juga pada ekonomi lokal dan pertumbuhan ekonomi nasional secara keseluruhan. UMKM yang berdaya saing adalah kunci bagi perkembangan ekonomi yang berkelanjutan.


Penulis :  
Adelia Marshanda 
Manajemen-FEB

Lokasi :  
Desa Kluwih, Kecamatan Bandar, Kabupaten Batang